Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima Di Wilayah Museum Tugu Pahlawan Kota Surabaya (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Surabaya)

Main Article Content

M. Risky Ainur Rohman
Drs. Ananta Prathama, M.Si

Abstract

Street vendors (PKL) in the Tugu Pahlawan area of Surabaya are still not well organized and managed, meaning that the local government must evaluate this in collaboration with related parties. Street vendors in the area along the Kedungdoro road, even though they are neatly arranged, still interfere with the highway traffic. In addition, street vendors (PKL) use the roadside to spread their wares, even though the roadside is made for pedestrians. With the use of the roadside for selling, pedestrians use part of the highway to walk; this is what makes traffic jams. This study aims to determine the implementation of the Surabaya City Regulation No. 9 of 2014 in structuring and providing space for street vendors in the city of Surabaya (Study on Street Vendors Along Jalan pahlawan Surabaya). Sampling using purposive sampling, namely the relevant local government authorities and street vendors (PKL). Qualitative descriptive analysis technique.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rohman, M. R. A. ., & Prathama, M.Si, D. A. . (2023). Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima Di Wilayah Museum Tugu Pahlawan Kota Surabaya (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Surabaya). Irpia : Jurnal Ilmiah Riset Dan Pengembangan, 8(7), 31–41. Retrieved from http://ejournal.irpia.or.id/index.php/irpia-jurnal/article/view/236
Section
Articles

References

Agus Purwanto, Erwan, 2012, Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta : Gava Media.

Agustino, Leo. 2014. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Akib, Haedar, 2010, Implementasi Kebijakan : Apa, Mengapa dan Bagaimana, Jurnal Administrasi Kebijakan Publik, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2010, Makassar

A.Muri Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan”. Jakarta: prenadamedia group.

Firmansyah, Anugrah. 2017. Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Menata Pedagang Kaki Lima Pada Masa Walikota Soenarto Soemoprawiro DI Surabaya Tahun 1994-2000. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 5, No. 2, Juli.

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Miles,M.B, Huberman, A.M, dan Saldana ,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook,Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebija-kan Publik Dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nawangsari dan Okvian, (2019). Strategi Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Sentra Pkl Taman

Prestasi Kota Surabaya. Public Administration Journal Volume 1 (1), Jan – Maret.

Nugroho, Riant. 2014. Public Policy. Jakarta:Elex Media Komputindo.

Putranto, 2018. Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Penyediaan Ruang Bagi Pedagang Kaki Lima. Program Studi Ilmu Politik. Universitas Airlangga. Prabawati dan Kurniawan, 2018. Implementasi Peraturan Walikota Surabaya Nomor 17 Tahun 2004 Tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Studi Tentang Penataan Pedagang Kaki Lima Di Sepanjang Jalan Kertomenanggal Surabaya. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Jurusan

Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya

Saragih, 2014. Implementasi Perda Kota Surabaya No. 9 TH 2014 Tentang Penyediaan Ruang Bagi Pedagang Kaki Lima Di Pusat Perbelanjaan Dan Pusat Perkantoran Di Kota Surabaya (Studi Kasus Di Kawasan Terminal Bratang Kecamatan Gubeng). Journal Fisip Untag Surabaya.

Suaib, Muhammad Ridha. 2016.Pengantar Kebijakan Publik: dari Administrasi Negara, Kebijakan Publik, Administrasi Publik, Pelayanan Publik, Good Governance, hingga Implementasi Kebijakan Publik.Yogyakarta: Calpulis.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 20. Bandung: Alfabeta.

MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Syafri, Wirman. 2012. Studi tentang Administrasi Publik. Jatinangor : Erlangga.

Taufik, Mhd. dan Isril. 2013. Implementasi Peraturan Daerah Badan Permusyawaratan Desa. Jurnal Kebijakan Publik, Vol.4, No. 2.

Tahir, Arifin. 2014. Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta CV

Dinas Koperasi Dan Sektor Informal Kota Surabaya, 2019

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 17 Tahun 2003 tentang Pengelolaan Pedagang Kaki Lima. Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2014 di Kota Surabaya Tentang Penyediaan Ruang Bagi Pedagang Kaki

Lima di Pusat Perbelanjaan dan Pusat Perkantoran Permendagri nomor 41/2012 pasal 1)

mujibsite.wordpress.com/2009/08/14/sejarah-pedagang-kaki-lima-pkl/ diakses pada tanggal 10 Januari 2018)

JAWA POS 9 MAR 2022. HTTPS://WWW.PRESSREADER.COM/2020.