Kinerja Pegawai Perpustakaan Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Optimalisasi layanan perpustakaan di sekolah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu faktor yang cukup penting adalah kinerja pegawai perpustakaan. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis sangat perlu untuk mencoba meneliti memecahkan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian, yaitu: (1) mengetahui kinerja pegawai perpustakaan sekolah; dan (2) meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan sekolah melalui kinerja pegawai perpustakaan.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) data primer yang berkaitan dengan dengan fokus penelitian dan (2) data sekunder: dokumen-dokumen; laporan-laporan; dan arsip-arsip yang berkaitan dengan penelitian Adapun metode pengumpulan data penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:(1) teknik observasi; (2) interview, dan (3) penyebaran angket dan kuisioner. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: (1) pedoman interview; (2) catatan lapangan atau alat tulis; (3) melakukan penyebaran kuesioner pada responden yang telah ditentukan. Temuan penelitian ini adalah: (1) responsivitas pelayanan di perpustakaan sekolah masih rendah sebagaimana ditunjukkan masih adanya keluhan dari pengguna layanan terhadap penyedia layanan perpustakaan sekolah; (2) kehandalan petugas pelayanan perpuatakaan sekolah masih belum relevan, hal ini dapat dilihat masih belum lengkapnya koleksi perputakaan sekolah dalam memenuhi kebutuhan pengguna layanan; (3) etika pelayanan perpustakaan sekolah masih rendah dan belum sesuai dengan standar pelayanan Perpustakaan Nasional. Petugas kurang begitu menghargai dan terkesan acuh kepada pengguna, hal ini menjadikan pengguna kurang berminat datang ke perpustakaan sekolah; (4) fasilitas pelayanan perpustakaan sekolah belum menunjukkan kinerja pelayanan yang baik, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya pengguna yang masih belum nyaman terhadap penataan fasilitas perpustakaan serta belum terjaganya kebersihan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Andrew, E. Sikula. 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2000, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi 13, Jakarta, PT Rineka Cipta.
Bafadal, Ibrahim. 2009, Pengolahan Perpustakaan Sekolah, Edisis V, Jakarta, Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Toko Gunung Agung.
Kasmir. 2010, Etika Costumer Service, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. Keban, T. Yeremias. 2004, Kualitas Kinerja Pustakawan, Yogyakarta, Gava Media.
Mangkunegara, A. A. 2005, Manajemen Sumber Daya Manusi, Bandung, Refika Aditama.
M. Yusuf, Pawit. 2007, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Edisi II, Jakarta, Kencana.
Nazir, Moh. 2000, Metode Penelitian, Bandung, Tarsito.
Osborn, David & Peter Plastrik. 2000, Banishing Bureaucracy: the five strategies for reinventing government, California, Addison-Weesley Publishing.
Robbins, Stephen P. 2006, Perilaku Organisasi, Edisi X, Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Sastrohadiwiryo, B.S. 2005, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Soedaryono. 2000, Tata Laksana Kantor, Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Sudarsono, Blasius. 2005. Membangun Kemampuan Pustakawan, Jakarta, Media Pustakawan.
Sugiyono. 2003, Statistika untuk penelitian, Bandung, Alfabeta.
Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D, Edisi 8, Bandung, Alfabeta.
Sulistyo-Basuki. 2005, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Sutarno. 2005, Tanggung Jawab Perpustakaan Dalam Mengembangkan Masyarakat Informasi, Jakarta, Pante Rai.
Undang-undang. Republik Indonesia, 2007, Perpustakaan, no. 43, Yogyakarta, Pustaka Timur.
Undang-undang. Republik Indonesia, 2003, Sistem pendidikan Nasional, no. 20, Jakarta, CV Eka Jaya.