Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima Di Wilayah Museum Tugu Pahlawan Kota Surabaya (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Surabaya)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan tugu pahlawan Surabaya ini masih belum di tata dan dikelola dengan baik, artinya pihak pemerintah daerah harus mengevaluasi hal tersebut dengan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. Pedagang Kaki Lima yang ada di Kawasan sepanjang jalan pahlawan, meskipun sudah tertata dengan rapi tetapi masih mengganggu lalu lintas jalan raya tersebut. Selain itu para pedagang kaki lima (PKL) menggunakan pinggiran jalan untuk menggelar dagangannya, padahal pinggiran jalan itu dibuat untuk pejalan kaki. Dengan dipakainya pinggiran jalan untuk berjualan, maka pejalan kaki menggunakan sebagian jalan raya untuk berjalan, hal inilah yang membuat kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan penataan pedagang kaki lima di sekitar tugu pahlawan kota surabaya Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu otoritas pemerintah daerah terkait dan pedagang kaki lima (PKL) Teknik analisis deskriptif kualitatif.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agus Purwanto, Erwan, 2012, Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta : Gava Media.
Agustino, Leo. 2014. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Akib, Haedar, 2010, Implementasi Kebijakan : Apa, Mengapa dan Bagaimana, Jurnal Administrasi Kebijakan Publik, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2010, Makassar
A.Muri Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan”. Jakarta: prenadamedia group.
Firmansyah, Anugrah. 2017. Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Menata Pedagang Kaki Lima Pada Masa Walikota Soenarto Soemoprawiro DI Surabaya Tahun 1994-2000. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 5, No. 2, Juli.
Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Miles,M.B, Huberman, A.M, dan Saldana ,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook,Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebija-kan Publik Dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nawangsari dan Okvian, (2019). Strategi Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Sentra Pkl Taman
Prestasi Kota Surabaya. Public Administration Journal Volume 1 (1), Jan – Maret.
Nugroho, Riant. 2014. Public Policy. Jakarta:Elex Media Komputindo.
Putranto, 2018. Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Penyediaan Ruang Bagi Pedagang Kaki Lima. Program Studi Ilmu Politik. Universitas Airlangga. Prabawati dan Kurniawan, 2018. Implementasi Peraturan Walikota Surabaya Nomor 17 Tahun 2004 Tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Studi Tentang Penataan Pedagang Kaki Lima Di Sepanjang Jalan Kertomenanggal Surabaya. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Jurusan
Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
Saragih, 2014. Implementasi Perda Kota Surabaya No. 9 TH 2014 Tentang Penyediaan Ruang Bagi Pedagang Kaki Lima Di Pusat Perbelanjaan Dan Pusat Perkantoran Di Kota Surabaya (Studi Kasus Di Kawasan Terminal Bratang Kecamatan Gubeng). Journal Fisip Untag Surabaya.
Suaib, Muhammad Ridha. 2016.Pengantar Kebijakan Publik: dari Administrasi Negara, Kebijakan Publik, Administrasi Publik, Pelayanan Publik, Good Governance, hingga Implementasi Kebijakan Publik.Yogyakarta: Calpulis.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 20. Bandung: Alfabeta.
MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Syafri, Wirman. 2012. Studi tentang Administrasi Publik. Jatinangor : Erlangga.
Taufik, Mhd. dan Isril. 2013. Implementasi Peraturan Daerah Badan Permusyawaratan Desa. Jurnal Kebijakan Publik, Vol.4, No. 2.
Tahir, Arifin. 2014. Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta CV
Dinas Koperasi Dan Sektor Informal Kota Surabaya, 2019
Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 17 Tahun 2003 tentang Pengelolaan Pedagang Kaki Lima. Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2014 di Kota Surabaya Tentang Penyediaan Ruang Bagi Pedagang Kaki
Lima di Pusat Perbelanjaan dan Pusat Perkantoran Permendagri nomor 41/2012 pasal 1)
mujibsite.wordpress.com/2009/08/14/sejarah-pedagang-kaki-lima-pkl/ diakses pada tanggal 10 Januari 2018)
JAWA POS 9 MAR 2022. HTTPS://WWW.PRESSREADER.COM/2020.