Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Kartu Identitas Anak Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik dalam pembuatan kartu identitas anak pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sidoarjo. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. dengan beberapa teknik pengumpulan data kualitatif, yaitu; 1). wawancara, 2). observasi, 3). dokumentasi, dan 4). diskusi terfokus (Focus Group Discussion). Dalam pengumpulan data, peneliti menggabungkan beberapa sumber data untuk memastikan keakuratan dan keterpercayaan hasil yaitu dari observasi dan wawancara. Selanjutnya, peneliti dalam melakukan analisis data dalam metode penelitian kualitatif, sangat penting untuk memperhatikan interpretasi dari data kualitatif tersebut. Ada beberapa tahapan dalam analisis data yang dilakukan, transkripsi data, kategorisasi data, reduksi data, deskripsi data, interpretasi data dan pelaporan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori Parasuraman, Zeithmal dan Berry (hardiansyah, 2018) kualitas pelayanan dapat diukur dengan menggunakan indikator yaitu, Tangibles (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Emphaty(Empati). Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa kualitas layanan publik dalam pembuatan Kartu Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo perlu ditingkatkan melalui berbagai faktor seperti efisiensi, pelatihan staf, sistem online, standar layanan yang jelas, masukan dari masyarakat, dan prioritas pada kepuasan pelanggan. Pembahasan dalam artikel ini menekankan pentingnya inovasi dan peningkatan kualitas pelayanan untuk memastikan kepuasan masyarakat dalam pengurusan Kartu Identitas Anak. Diperlukan juga peningkatan infrastruktur, fasilitas, dan kemampuan pegawai serta penerapan prinsip-prinsip pelayanan yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas layanan KIA.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aap Apriyani, D. S. U. J. (2023). Pengaruh kinerja pegawai dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di disdukcapil Kabupaten Tangerang. 2(2), 12–21. https://eksishum.untara.ac.id/index.php/eksishum
Dharmika, I. B. M. P., & Subanda, I. N. (2023). The Effectiveness of Public Services in Realizing Good Governance. APTISI Transactions on Technopreneurship, 5(1SP), 77–83. https://doi.org/10.34306/att.v5i1Sp.327
Dr. Eko Murdiyanto. (2020). PENELITIAN KUALITATIF.
Fillya Curtinawati, R., Suryono, A., & Fefta Wijaya, A. (2020). Implementation Of Birth Certificate Issuance Service Improvement Program (A Study of Permendagri No. 9 of 2016 in the Population and Civil Registration Office). In JIAP (Vol. 6, Issue 2).
Hardiansyah. (2018). kualitas pelayanan publik edisi revisi compress.
Hariyoko, Y. (2023). Penguatan Digitalisasi Layanan Dokumen Kependudukan Melalui PLAVON Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 26(2), 173. https://doi.org/10.31845/jwk.v26i2.819
Holidin, H. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam Mewujudkan Perlindungan Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Journal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(5), 379–386. https://doi.org/10.36418/locus.v1i5.76
Ni Ketut Riani WI Ahli Madya BPSDM Provinsi Bali. (2021). STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK. JIP Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2443–2452. https://www.kajianpustaka.com/2016/09/penge
Noviana Ratna Nagari, Drs. J. S. M. S. (2020). KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR. SOLIDARITAS Jurnal Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, 4(2), 1–10.
Rudhiawan, D. S. (2022). KUALITAS PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI KOTA SUKABUMI. Journal for Postgraduet Researchers, 3(2), 26–35.
Sri Okta Riani Halawa, R. S. F. (2023). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pengurusan Kartu Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bintan. Journal of Research and Development on Public Policy, 2(3), 62–71.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D.
PERATURAN
(MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA, n.d.)
(BUPATI SIDOARJO PROVINSI JAWA TIMUR, n.d.)
(KEPUTUSAN MENTERI PAN NO 63 TAHUN 2003, n.d.)