Kualitas Pelayanan E-Health Sebagai Alternatif Antrian Online Di Puskesmas Kota Surabaya
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelayanan publik adalah kewajiban dan tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat. Peningkatan pelayanan publik muncul dari masyarakat yang terus menerus menyuarakan tututannya akan pelayanan publik yang lebih baik. . Ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), E-Goverment hadir sebagai solusi inovativ untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membawa angin segar bagi dunia kesehatan. E-Health, atau kesehatan elektronik, hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan menjangkau masyarakat yang lebih luas. E-Health dapat mengotomatisasi banyak proses manual dalam pelayanan kesehatan, seperti pendaftaran pasien, rekam medis elektronik, dan telemedicine. Salah satu kota yang telah menerapkan inovasi E-Health adalah Kota Surabaya. Telah dijelaskan dan didukung oleh pemerintah pusat melalui Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Kesehatan. Peraturan ini bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan sistem informasi kesehatan yang handal, terintegrasi, dan berbasis elektronik yang sejalan dengan tujuan E-Health Kota Surabaya untuk meningkatja kualitas pelayanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini berfokus pada deskripsi Kualitas Pelayanan E-Health Sebagai Alternatif Antrian Online Di Puskesmas Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis metode penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data secara daring atau dari internet dengan melihat website-website dan jurnal di google scholer yang berkaitan dengan artikel Kualitas Pelayanan E-Health Sebagai Alternatif Antrian Online Di Puskesmas Kota Surabaya. Untuk mendeskripsikan Kualitas Pelayanan E-Health Sebagai Alternatif Antrian Online Di Puskesmas Kota Surabaya menggunakan indikator E-GovQual yang meliputi easy of use (kemudahan penggunaan), trust (kepercayaan), reability (keandalan), content and appearance of information (isi dan tampilan informasi), dan citizen support (pendukung). Hasil dari deskripsi kualitas pelayanan E-Health di Kota Surabaya dapat terlaksana dengan baik di masyarakat, meskipun terdapat beberapa kendala tetapi dapat diatasi oleh pemerintah terutama dalam point pendukung , pada situs webiste E-Health kota surabaya tidak terdapat fitur help desk tetapi ini bukan berarti sepenuhnya membuat masyarakat kesusahan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
unissa Nur Widiani, A. (2018). KUALITAS PELAYANAN E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI E-FELING KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG CIBEUNYING TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI.
Maulani, W. (2020). PENERAPAN ELECTRONIC GOVERNMENT DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PROGRAM E-HEALTH DI KOTA SURABAYA). As Siyasah, 5(2).
Muhammad Nasrullah, & Anggraeny Puspaningtyas S.AP., M.AP. (2023). Optimalisasi Reformasi Pelayanan Kesehatan Melalui Program E-Health Pada Puskesmas Jagir Kota Surabaya. JOURNAL OF ADMINISTRATIVE AND SOCIAL SCIENCE, 4(2), 132–143. https://doi.org/10.55606/jass.v4i2.396
Krishnawan Panji Agastya, E. H. F. S. AP. ,M. A. (2016). PENERAPAN LAYANAN E-HEALTH DI PUSKESMAS JAGIR KELURAHAN JAGIR KECAMATAN WONOKROMO KOTA SURABAYA.
Prabowo, S. A., Rizky, M., & Mashuri, M. A. (2020). IMPLEMENTASI E-HEALTH SEBAGAI ALTERNATIF ANTRIAN ONLINE DI PUSKESMAS KALIRUNGKUT KOTA SURABAYA.
Uliya, A., Magfiroh, S. N., Indartuti, E., & Si, M. (2021). KUALITAS LAYANAN PROGRAM E-HEALTH DI PUSKESMAS KETABANG KELURAHAN KETABANG KOTA SURABAYA.