Analisis Sosial Media Pemerintah Daerah Di Indonesia Berdasarkan Respons Warganet
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan electronic Government (e-Government) berupa media sosial oleh pemerintah daerah digunakan untuk meningkatkan interaksi antara pemerintah dengan masyarakat. Namun pada kenyataannya, layanan e-Government berupa media sosial ini masih belum mendapatkan respon dari masyarakat. Dengan demikian, diperlukan strategi variasi posting yang digunakan berupa video, gambar, atau teks untuk memperoleh respons dari masyarakat berupa like pada media sosial.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis 39 media sosial pemerintah daerah yang paling aktif berdasarkan like dan analisis sentimen masyarakat. Metode pengumpulan data dengan teknik crawling menggunakan API Facebook. Data terbagi menjadi tiga kategori di antaranya adalah gambar, video, dan teks. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah posting yang berupa video dalam media sosial lebih banyak memperoleh respon positif daripada posting yang berupa gambar dan teks. Selain itu, berdasarkan analisis sentimental masyarakat, tingkat sentimen pada halaman Facebook pemerintah daerah di Indonesia tergolong positif.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdelsalam, H. M., Reddick, C. G., Gamal, S., & Al-Shaar, A. (2013). Sosial media in Egyptian government Websites: Presence, usage, and effectiveness. Government Information Quarterly, 30(4), 406- 416.
Arunachalam, R., & Sarkar, S. (2013). The new eye of government: Citizen sentiment analysis in sosial media. In Sixth International Joint Conference on Natural Language Processing (p. 23).
Atiko, G., Sudrajat, R. H., Nasionalita, K., (2016). Analisis strategi promosi pariwisata melalui media sosial oleh kementerian pariwisata ri (Studi deskriptif pada akun instagram @indtravel). Jurnal
Sosioteknologi, Vol 15, No 3.
Bertot, J. C., Jaeger, P. T., & Hansen, D. (2012). The impact of polices on government sosial media usage: Issues, challenges, and recommendations. Government information quarterly, 29(1), 30- 40
Bryer, T. A. (2011). The costs of d e m o c r a t i z a t i o n : S o s i a l media adaptation challenges within government agencies. Administrative Theory & Praxis, 33(3), 341-361.
Coelho, R. L. F., Oliveira, D. S. D., & Almeida, M. I. S. D. (2016) Does sosial media matter for post typology? Impact of post content on Facebook and Instagram metrics. Online Information Review, 40(4), 458-471.
Criado, J. I., Sandoval-Almazan, R., & Gil-Garcia, J. R. (2013). Government innovation through sosial media. Government Information Quarterly, 30(4), 319- 326.
Feeney, M. K., & Welch, E. W. (2016). Technology–task coupling: Exploring sosial media use and
managerial perceptions of E-Government. The American Review of Publik Administration, 46(2), 162- 179.
Gao, X., & Lee, J. (2017). E-Government services and sosial media adoption: Experience of small lokal governments in Nebraska state. Government Information Quarterly.
Hao, X., Zheng, D., Zeng, Q., & Fan, W. (2016). How to strengthen the sosial media interactivity of E- Government: Evidence from China. Online Information Review, 40(1), 79-96.
Kabadayi, S., & Price, K. (2014). Consumer–brand engagement on Facebook: liking and commenting behaviors. Journal of Research in Interactive Marketing, 8(3), 203- 223.
Kim, D. H., Spiller, L., & Hettche, M. (2015). Analyzing media types and content orientations in Facebook for global brands. Journal of Research in Interactive Marketing, 9(1), 4-30.
Kim, S. E., Lee, K. Y., Shin, S. I., & Yang, S. B. (2017). Effects of tourism information quality in sosial media on destination image formation: The case of Sina Weibo. Information & Management.
Li, M. H., & Feeney, M. K. (2014). Adoption of electronic technologies in lokal US governments: D i s t i n g u i s h i n g b e t w e e n e-services and communication technologies. The American Review of Publik Administration, 44(1), 75-91.
Valerio, G., Herrera-Murillo, D. J., Villanueva-Puente, F., HerreraMurillo, N., & del Carmen Rodríguez- Martínez, M. (2015). The Relationship between Post Formats and Digital Engagement: A Study of the
Facebook Pages of Mexican Univerisities. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 12(1), 50.