Peran Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Kualitas Anak Didik Untuk Menuju Indonesia Emas 2045

Isi Artikel Utama

Djoko Siswanto Muhartono
Alivia Novita Nur Laili
Bryant Prangdicha
Veronika Kiky Anggaini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas anak didik dan mengidentifikasi dampak positif penerapan kurikulum merdeka terhadap pencapaian pembelajaran dan kualitas anak didik untuk menuju Indonesia Emas 2045 di SDN Banyu Urip 3, Kota Surabaya. Sumber data meliputi data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen terkait Kurikulum Merdeka, laporan hasil belajar siswa, dan data tentang profil SDN Banyu Urip 3, Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi, wawancara, dan observasi dalam pengumpulan data melalui dokumen terkait penerapan kurikulum merdeka terhadap anak didik di SDN Banyu Urip 3. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menggambarkan data secara sistematis dan objektif. Temuan penelitian ini dipaparkan berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap pencapaian pembelajaran dan karakter siswa, meliputi peningkatan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan komunikasi siswa. Kesimpulan penelitian ini dirumuskan berdasarkan analisis data dan temuan yang diperoleh adalah Kurikulum Merdeka di SDN Banyu Urip 3 dapat membentuk profil pelajar Pancasila yang siap menghadapi tantangan persaingan global dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 dengan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muhartono, D. S., Nur Laili, A. N. ., Prangdicha, B. ., & Anggaini, V. K. . (2024). Peran Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Kualitas Anak Didik Untuk Menuju Indonesia Emas 2045. Irpia : Jurnal Ilmiah Riset Dan Pengembangan, 9(11), 30–35. Diambil dari https://ejournal.irpia.or.id/index.php/irpia-jurnal/article/view/268
Bagian
Articles

Referensi

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan peran guru dalam kurikulum merdeka belajar.

Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50.

Aprianti, A., & Maulia, S. T. (2023). Kebijakan Pendidikan: Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum

Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 181-190.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu

pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM

program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka

dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Nikmah, N. K. (2024). Impresi Kurikulum Merdeka Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045

(Studi Kasus Sdn 111 Pidoli Dolok Mandailing Natal). Journal Of Islamic Primary Education, 2(1), 1-13.

Nursafinah, S., Aisah, S., & Pricilia, H. (2024). Peran Kurikulum Merdeka untuk Memajukan Kualitas

Pembelajaran di Sekolah. Karimah Tauhid, 3(8), 9050-9059.

Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N.

(2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039-4050.