Analisis Kualitas Pelayanan Pengaduan Online Melalui Sistem Whatsapp Peduli Wong Cilik Di Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Si Whapik adalah sistem pelayanan melalui WhatsApp untuk semua jenis layanan yang diberikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, apabila warga mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi layanan yang lain, seperti Si Praja, atau tidak bisa mengurus secara langsung ke Dinas Sosial dikarenakan kondisi darurat, dengan cara mengirimkan file dokumen melalui whatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi analisis dan kendala yang muncul selama proses pelayanan pengaduan melalui Si Whapik yang tersedia di Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori kualitas pelayanan publik dengan menggunakan lima indikator pelayanan yaitu meliputi: Tangible, Reability, Assurance, Responsivennes, Dan Emphaty digunakan sebagai kerangka acuan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pengaduan melalui Si Whapik di Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo sudah terpenuhi dengan adanya pelayanan pengaduan melalui Si Whapik masyarakat tidak perlu jauh – jauh ke Dinas Sosial Kabupaten Sidaorjo untuk melakukan pelayanan, tetapi masih ada hambatan yang di dialami oleh petugas Dinas Sosial Kabupaten yaitu pada sarana adan prasarana dan alur mekanisme pelayanan pengaduan. Namun kendala-kendala yang muncul dalam proses pelayanan pengaduan melalui Si Whapik dapat diatasi dengan baik oleh petugas.Hal Ini menjadi nilai tambah untuk pelayanan pengaduan Si Whapik dan sekaligus memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ilham M, R., Putri, A. A., Maulida, A. R., & Kurniadewi, E. (2021). Pemanfaatan Komunikasi Modern di Era Pandemi Covid-19 di Lingkungan Taman Banten Lestari. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(51), 91–101. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1179
Kasihta, N. B., & Sadat, A. (2020). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi Kependudukan di kantor kelurahan teladan barat Kecamatan medan kota. Inspirasi; Jurnal-Ilmu Sosial, 17(1), 239–250.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Nur, A. M. (2021). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dalam Media Komunikasi di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Universitas Al-Wasliyah Labuhan Batu). Communication & Social Media, 1(2), 42–48. https://doi.org/10.57251/csm.v1i2.318
Prasetya, D. R., Domai, T., & Mindarti, L. I. (2013). ANALISIS PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DALAM RANGKA PELAYANAN PUBLIK ( Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang ) Pendahuluan Manajemen Pelayanan Publik New Public Service Tinjauan Pustaka 1 . Sistem Informasi Manajemen. Administrasi Publik (JAP), 2(1), 1151–1158.
Rizal, Intani, Sri, & Teguh. (2021). Globalisasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Mipati, 1, 71–84.
Sani, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Poliklinik Gigi Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Bangka Tengah. Jurnal Studia Administrasi, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.47995/jian.v3i2.61
Suharti, S., Nur, F., & Khusnah, N. (2021). Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Online? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1893. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3724
Zakirman, & Chichi Rahayu. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa. Shaut Al-Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27–38. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.7